Sunday, May 5, 2013

Step by step perakitan DIB ver RS

Begitu DIB ver RS tiba maka terpikir oleh saya rasa penasaran untuk membuka dan merakit DIB RS, seperti apakah sih DIB RS itu ?

Yang kita dapatkan dari DIB RS



Tampak atas dari lower deck DIB RS, dari sini kita bisa lihat kualitas plastik dari kit yang baru di release oleh Yokomo, kit ini cocok sekali untuk rc drifter dengan budget terbatas. Anda akan mendapatkan kit dengan harga yang murah tetapi tidak mengorbankan kualitas dari produk tersebut. MURAH TAPI BUKAN MURAHAN.
DIB RS sudah dilengkapi dengan :
- Alum motor mount
- Alum pulley
- Alum spur gear holder
- Ride height adjustable oil damper
- Front one way
- Ball bearing
- Pilihan toe block 2.5 dan 3.5 degree



 Tampak bawah lower deck




Mari kita mulai merakit



 Ini dia alum parts yang didapat dari DIB RS




 WOW steering link DIB RS walaupun dari plastik tetapi isinya sama persis dengan DIB versi karbon, material plastiknya wow banget bukan plastik biasa tetapi campuran dengan graphite. Lihat saja ball bearing, steering bell crank post alum



 Step by step perakitan DIB nih








Lihat deh shock tower DIB RS, gak usah diragukan lagi deh shock towernya tebal dan kekar, gak usah khawatir shock tower akan flex atau bend.



Sementara sampai disini dulu yah jari dan jempol sakit dan merah karena ngerakit ini, keras plastiknya.
kit ini sudah terpasang option :
- CS kit 1.8
- Lower caster block 12 degree
- Knuckle for lower caster block



Mari kita lanjutkan kembali ngerakitnya.

Nah ini adalah komponen shock absorber dari DIB ver RS, walaupun material shock tersebut terbuat dari plastik tapi komposisi parts, size shock body dan lainnya sama persis dengan shock almu dari DIB carbon.
Pesan saya dalam merakit shock adalah, lakukan dengan perlahan-lahan dan dengan teliti, karena ini adalah salah satu kunci penting dari handling kit drift anda. Ikuti petunjuk perakitanya, hati-hati jangan sampai shock shaft anda baret.



Sebelum memasang piston shock pada shock shaft, tolong diperhatikan jangan sampai ada sisa plastik bekas potongan dari shock piston tersebut. Jika masih ada bagian plastik yang tersisa, anda bisa bersihkan dengan cutter. Hal ini sangat penting karena jika masih ada sisa plastik tersebut dan bergesekan dengan dinding dalam shock body akan mengakibatkan shock body tersebut menjadi baret dan akan mengurangi performance shock anda


Perhatikan shock piston dibawah ini, pada shock piston Yokomo terdapat 2 permukaan yang berbeda, 1 permukaan yang halus dan 1 lagi adalah permukaan yang terdapat grove atau got nya.
Permukaan yang halus/rata, menghadap ke atas sedangkan permukaan yang adal got nya menghadap kebawah. Inget jangan sampai terbalik



Akhirnya selesai juga ngerakitnya, dan tinggal test run  di trek.









Apabila ada pertanyaan mengenai perakitan dan lain sebagainya, silahkan menghubungi saya di no hp saya.

2 comments:

  1. kemaren baru sebagian pan, semlm dah selesai semuanya. Tinggal kamu test aja di trek.

    ReplyDelete